12 Maret 2013

PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI, Ayo Rekan-Rekan FL2MI !



HOT NEWS : Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2013


Setiap tahun Ditjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kemendikbud menyelenggarakan pemilihan Akademisi Berprestasi, dan salah satunya (dan yang paling bergengsi) adalah Pemilihan Mahasiswa Berprestasi. 

Program ini diselanggarakan sebagai penghargaan kepada mahasiswa teladan dari semua perguruan tinggi yang berada di bawah koordiansi DIKTI. Tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah :
1. Memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi.
2. Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana menyinergikan hard skills dan soft skills mahasiswa.
3. Mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan.


Peserta Pemilihan Mahasiswa Berprestasi adalah mahasiswa aktif pada perguruan tinggi yang berada di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahasiswa Berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan.
Adapun persyaratan yang harus di penuhi adalah sebagai berikut.
A.Persyaratan Umum
Persyaratan umum adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta sebagai kelengkapan pemilihan mahasiswa beprestasi, adalah:

1. Warga negara Republik Indonesia yang terdaftar dan aktif sebagai mahasiswa program Sarjana maksimal semester VIII dan pada saat pemilihan Mahasiswa Berprestasi di tingkat nasional belum dinyatakan lulus, serta berusia tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 20 Juni 2013 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku.
2. Indeks Prestasi Kumulatif (IP seluruh matakuliah yang lulus) rata-rata minimal 2,75.
3. Surat Pengantar dari pejabat yang berwenang yang menyatakan bahwa mahasiswa yang diusulkan adalah pemenang pertama hasil seleksi.
4. Belum pernah menjadi finalis pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional pada tahun sebelumnya.

B. Persyaratan Khusus

Persyaratan khusus adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta pemilihan mahasiswa beprestasi, yang akan dinilai oleh tim juri sesuai dengan prestasi yang dimiliki, adalah:

1. Daftar rekapitulasi Indeks Prestasi per semester
2. Karya tulis ilmiah ditulis dalam Bahasa Indonesia baku disertai karya unggulan.
3. Ringkasan (bukan abstrak) ditulis dalam bahasa Inggris/ Asing (Prancis/ Jerman/ Spanyol/ Arab/ China/ Rusia).
4. Formulir isian ( Daftar Prestasi/ Kemampuan yang Diunggulkan,  Data Prestasi/Kemampuan yang Diunggulkan) dilengkapi dengan data pendukung sebagai mahasiswa berprestasi / berkemampuan yang diunggulkan.
Untuk info lebih lanjut, pedoman Mahasiswa Berprestasi Tahun 2013 ini dapat di download disini.
Atau langsung download pdf dibwah ini
Jadilah bagian dari daftar mahasiswa berprestasi selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname